Memahami Manajemen Risiko

Identifikasi, Pengukuran, Pemantauan dan Pengendalian Risiko Perbankan

Rabu, 19 Mei 2010

manajemen risiko

Blog ini saya buat untuk berbagi tentang manajemen risiko khususnya dibidang perbankan. Manajemen risiko menjadi sesuatu yang jadi perhatian karena posisi di kantor yang mengharuskan saya mengetahui lebih banyak.
Sebenarnya semua bankir maupun karyawan yang bekerja di bank, harus selalu mengingat bahwa potensi risiko bisa terjadi di seluruh kegiatan sehari-hari. Saat ini sudah banyak bankir yang mengikuti ujian BSMR. Nah, tapi sudahkah benar-benar menjalankannya..?
Ada berita bahwa seorang Direksi sebuah bank yang saat ini jadi bulan-bulanan pers ternyata tidak memiliki sertifikasi. Siapa dong yang salah? Bank Indonesia sebagai regulator atau yang bersangkutan sendiri tidak memiliki kepedulian? Apa sebenarnya manajemen risiko?
Manajemen risiko adalah serangkaian metodologi dan prosedur yang digunakan untuk mengidentifikasi, mengukur, memantau dan mengendalikan risiko yang timbul dari seluruh kegiatan Bank.
Di blog ini saya akan menulis tentang segala sesuatu yang saya ketahui tentang manajemen risiko termasuk beberapa ringkasan tentang materi ujian BSMR. Semoga blog ini bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar